Jumlah Korban Keracunan 132 Orang, Ini Ternyata Hidangan yang Disantap Warga Kampung Cikiwul Lebak Sukabumi

Kamis, 6 Jun 2024 14:28
    Bagikan  
Jumlah Korban Keracunan 132 Orang, Ini Ternyata Hidangan yang Disantap Warga Kampung Cikiwul Lebak Sukabumi
Istimewa

Gibran, korban keracunan, saat dirawat di RSUD Sekarwangi, Sukabumi

INDONESIATREN.COMMusibah keracunan hidangan dialami 132 orang warga Kampung Cikiwul Lebak, RT 01/RW 02, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Seluruh korban adalah warga yang datang ke acara syukuran di rumah salah seorang warga kampung tersebut pada Minggu, 2 Juni 2024.

Ahmad Akbar adalah salah satunya. Ditemui di RSUD Sekarwangi, Cibadak, Sukabumi, Kamis, 6 Juni 2024, Ahmad mengungkapkan, saat hadir di acara syukuran itu, ia menyantap hidangan berupa nasi dan daging ayam. “Itu juga cuma (makan) sedikit,” kata Ahmad.

Di acara yang sama saat itu, ikut hadir pula seorang bocah lelaki 11 tahun bernama Gibran. Ditemui di RSUD Sekarwangi pada Kamis, 6 Juni 2024, Gibran mengaku, kala itu menyantap nasi dengan lauk cumi, ikan, dan daging ayam. “Enak,” ucap Gibran, perihal hidangan yang dimakannya itu.

Rasa sakit baru dirasakan Gibran dan juga Ahmad pada Senin, 3 Juni 2024, atau sehari setelah menyantap hidangan tersebut. “Pusing, muntah, lemas,” kata Gibran. “Pas Senin sore baru (terasa) parah. Sakit, mual-mual, menggigil parah banget,” kenang Ahmad, yang sama dengan Gibran, akhirnya harus menjalani rawat inap hingga dua malam di RSUD Sekarwangi.

Baca juga: Layak Disebut KLB, Korban Keracunan di Kampung Cikiwul Lebak Sukabumi Berjumlah 132 Orang


Ahmad Akbar, korban keracunan

Humas RSUD Sekarwangi, Muhammad Rizal Perdana, membenarkan gejala sakit yang dialami para warga korban keracunan itu. “Kalau untuk (gejala) penyakitnya sih semua sama,” tutur Rizal, saat ditemui di RSUD Sekarwangi, Kamis, 6 Juni 2024.

“Gejalanya itu diare, muntah, sama pusing dan panas menggigil. “Kejadiannya kan, pasien itu kebanyakan (mulai sakit) setelah mengkonsumsi (hidangan). Malamnya konsumsi (hidangan), paginya pada kerasa (sakit) itu. Kebanyakan (mulai sakit) pada sorenya. Makanya, ke sininya (RSUD Searwangi) itu agak malam, menjelang Maghrib,” tambah Rizal.

Guna mencegah terjadinya peristiwa serupa, Kepala Desa Sekarwangi, Abeng Baenuri, mengimbau warganya, agar hati-hati mengonsumsi makanan di kemudian hari.

“Pertama, mungkin, kami dari pihak pemerintah, mengimbau kepada masyarakat ya, terutama dalam mengkonsumsi makanan, supaya hati-hati. Dan juga (bagi) yang mengolah (makanan) pun, (kami imbau) kalaupun dia mau mengolah makanan-makanan semacam olahan itu, pertama dari bumbu juga harus diperhatikan. Apalagi, kalau yang bumbu yang sudah jadi, yang ada di pasar atau di toko, lihat (tanggal) kadaluarsanya, apakah masih layak untuk dipakai atau tidak,” tutur Abeng.

“Karena menurut informasi dari warga masyarakat yang saya temui waktu itu, (peristiwa) ini dikategorikan terjadinya akibat adanya seseorang ataupun warga yang mengadakan syukuran. Nah, dari situ, mereka (para warga) dikasih hidangan makanan yang dibawa ke rumah masing masing. Akhirnya, terjadilah (kejadian) semacam itu,” tambah Abeng.

Baca juga: Santap Hidangan Prasmanan, Warga Kampung Cikiwul Sukabumi: BAB Lebih dari 10 Kali

Hingga saat ini, Abeng mengaku belum sekali pun berjumpa dengan warga yang mengadakan acara syukuran tersebut. “Kalau kemarin, (saya) sudah berbicara ke RW-nya. Karena yang punya (acara syukuran) itu, kami belum ketemu,” ucap Abeng.

Perihal kelanjutan pemeriksaan dari kasus keracunan ini, Abeng mengatakan, masih akan menunggu kabar dari petugas Polsek Cibadak. “Sisa makanan sudah dibawa pihak Polsek (Cibadak) utk di-lab. Diantaranya waktu itu (ada) nasi, ada (juga hidangan) dari olahan kentang, buncis, dan lain-lain. Juga (ada) kue, yang (sudah)  dibawa pihak kepolisian.,” tutur Asep.

“Kami (juga) masih menunggu hasil dari lab itu, apakah dari jenis makanan yang mana yang mengandung bahan-bahan keracunan tersebut. Kalau menurut informasi, sekitar paling lama satu minggu, katanya (hasil laboratorium akan keluar),” kata Abeng.

Saat ini, sepengetahuan Abeng, tidak ada lagi warga yang masih terindikasi mengalami keracunan. Namun, Abeng memastikan, posko darurat yang didirikan Pemerintah Desa Sekarwangi akan tetap siaga.  

“Siaga 24 jam, karena di posko itu ada tiga puskesmas. Pertama, Puskesmas Sekarwangi, Kecamatan Cibadak. Kedua, Puskesmas Cibadak, Kecamatan Cibadak juga. Ketiga puskesmas Trijaya, Kecamatan Nagrak, yang membantu di wilayah posko itu” tegas Abeng. (*)

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terbaru

Kasus Pembunuhan Perempuan di Gegerbitung Sukabumi Terungkap, Pelakunya Sepasang Kekasih
Periode Mei-Juni 2024, 21 Tersangka Kasus Narkoba dan Obat Keras Terbatas Diringkus Polres Sukabumi
Dirubung Banyak Semut, Mayat Lelaki Tanpa Identitas Ditemukan di Dusun Anggayuda Sukabumi
Terdampar di Perairan Tegalbuleud, 28 WNA Diamankan di Lapas Warkir Sukabumi
Rastya Mutiarani Zahra, Kepala Sekolah-Guru Penggerak-Dosen Berprestasi Siap Maju sebagai Cawabup Sukabumi
Upacara Laporan Raport di Polres Sukabumi Kota: 23 Bintara Polri dan 1 ASN Naik Pangkat
Pada Hari Bhayangkara 1 Juli, Pelaku Jambret HP di CFD Jakarta Ditangkap di Jampang Kulon Sukabumi
Upacara Megah di Polres Sukabumi, Sejumlah Anggota Naik Pangkat dan Pensiun
Diduga Depresi Akibat Sakit dan Cerai dengan Istri, Lelaki 49 Tahun di Sukabumi Gantung Diri
Mutasi Pejabat Jelang Pilkada, Plt. Bupati Mimika Terancam Sanksi Pidana?
Syukuran Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Kota Berikan Puluhan Piagam Penghargaan
Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Kapolres Sukabumi: “Polri Harus Dicintai dan Dibanggakan Masyarakat”
Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Puluhan Pocil Tampilkan Atraksi di Lapang Merdeka Sukabumi
Asjap Kian Mantap, Partai Golkar Siapkan Kemenangan di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Gelar Doa Lintas Agama Secara Virtual
Jumat Berkah Jelang Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Gelar Jalan Santai dan Senam Bersama
Jelang Hari Bhayangkara ke-78, Kapolres Sukabumi Kunjungi 3 Anggota yang Sedang Sakit
Kasus Teguk Minuman Beralkohol Kadar 70 Persen di Cisaat Sukabumi: Tiga Pemuda Meninggal Dunia
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Kota Tanam Serentak 1.100 Bibit Pohon
Cegah Stunting, Polres Sukabumi Bersama IDI dan Dinkes Berikan Makanan Bagi 400 Anak