Resep Jaga Keamanan Kapolres Sukabumi Kota: Naik Vespa, Periksa Anggota, dan Sapa Warga

Jumat, 7 Jun 2024 10:26
    Bagikan  
Resep Jaga Keamanan Kapolres Sukabumi Kota: Naik Vespa, Periksa Anggota, dan Sapa Warga
Instagram @polres_sukabumikota.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo

INDONESIATREN.COM - Warga Kota Sukabumi dan anggota kepolisian yang bertugas di Polres Sukabumi Kota, tentu sangat mengenal sosok AKBP Ari Setyawan Wibowo. Pemilik gelar keilmuan SH, S.I.K, dan M.Si ini, tiba di Kota Sukabumi pada 10 April 2023, guna mengemban tugas sebagai Kapolres Sukabumi Kota, menggantikan AKBP Sy Zainal Abidin, yang saat itu berpindah tugas menjadi Kapolres Tasikmalaya Kota.

Sebelumnya, pada 6 April 2023, di Aula Muryono, Polda Jawa Barat, lebih dulu berlangsung acara serah terima jabatan dari AKBP Sy Zainal Abidin kepada AKBP Ari Setyawan Wibowo. Serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, itu melibatkan enam Kepala Satuan Kewilayahan atau Kapolres dan tiga Kepala Satuan Kerja di lingkungan Polda Jawa Barat.

Salah satu jabatan yang diserahterimakan adalah jabatan Kapolres Sukabumi Kota dari AKBP Sy Zainal Abidin, yang berpindah tugas menjadi Kapolres Tasikmalaya Kota, kepada AKBP Ari Setyawan Wibowo selaku Kapolres Sukabumi Kota yang baru.

Penugasan Ari sebagai Kapolres Sukabumi Kota itu didasarkan atas Surat Telegram Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Wibowo, yakni ST/715/III/KEP/2023, yang dikeluarkan pada tanggal 27 Maret 2024.

Sebelum menjabat Kapolres Sukabumi Kota, Ari bertugas sebagai Koorspripim Kapolda Jabar, Irjen Pol. Suntana. Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang, Jawa Tengah, tahun 2004, ini tercatat pernah pula bertugas di wilayah Polda Riau.

Ketika berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) pada 2014, Ari menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Indragiri Hulu. Setelah itu, pada 2015, Ari bertugas sebagai Kasat Lantas Polres Dumai. Masih pada tahun yang sama, Ari mendapat promosi jabatan sebagai Kapolsek Tampan, Polresta Pekanbaru.

Satu tahun kemudian, pada 2016, seiring dengan kenaikan pangkatnya menjadi Komisaris Polisi (Kompol), Ari diangkat menjadi Kasubbag Mutjab Ro SDM Polda Riau.

Selanjutnya, Ari pindah tugas ke wilayah hukum Polda Jawa Barat, sebagai Wakapolres Ciamis pada 2020, dan Wakapolres Cimahi hingga Februari 2021.

Setelah bertugas di Cimahi, Ari naik pangkat menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Dengan pangkat barunya ini, Ari mengemban tugas sebagai Koorspripim Kapolda Jabar, Irjen Pol. Suntana, serta akhirnya mendapat amanah untuk memegang jabatan Kapolres Sukabumi Kota.

Di tempat tugas terbarunya ini, Ari dikenal punya banyak terobosan dalam menjaga keamanan Kota Sukabumi. Salah satunya diunggah akun IG @polres_sukabumikota, Kamis, 6 Juni 2024. Dalam unggahan tersebut, terlihat Ari mengendarai vespa, keliling Kota Sukabumi, pada Rabu pagi, 5 Juni 2024.

Baca juga: Bersama Kejari dan Forkopimda, Kapolres Sukabumi Kota Musnahkan Barang Bukti 72 Perkara yang Telah Inkracht


Sesuai caption di unggahan akun IG itu, yakni “Kapolres Sukabumi Kota melaksanakan pengecekan personil yang melaksanakan Gatur Pagi”, Ari terlihat tak sekadar keliling Kota Sukabumi dengan mengendarai vespa. Namun juga melakukan pemeriksaan atas anggota polisi yang bertugas pagi itu, serta menyapa dan menyalami warga yang ditemui di berbagai sudut jalan Kota Sukabumi.

Di unggahan itu, tertulis pula caption: “Kegiatan ini merupakan upaya preventif Polres Sukabumi Kota untuk menciptakan kondusivitas kamtibmas dan kelancaran aktivitas masyarakat Kota Sukabumi di pagi hari”.

Hingga Jumat pagi, 7 Juni 2024, pukul 08:39 WIB, tercatat ada 158 like atas unggahan itu. Ada pula satu komentar dari akun IG @boby_ri7, yang menulis sapaan: “Pak ari”.

Bukan tidak mungkin, ke depan, akan kian banyak warga Kota Sukabumi yang bisa bertemu, menyapa, dan disapa Kapolresta Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo. (*)

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terbaru

Kasus Pembunuhan Perempuan di Gegerbitung Sukabumi Terungkap, Pelakunya Sepasang Kekasih
Periode Mei-Juni 2024, 21 Tersangka Kasus Narkoba dan Obat Keras Terbatas Diringkus Polres Sukabumi
Dirubung Banyak Semut, Mayat Lelaki Tanpa Identitas Ditemukan di Dusun Anggayuda Sukabumi
Terdampar di Perairan Tegalbuleud, 28 WNA Diamankan di Lapas Warkir Sukabumi
Rastya Mutiarani Zahra, Kepala Sekolah-Guru Penggerak-Dosen Berprestasi Siap Maju sebagai Cawabup Sukabumi
Upacara Laporan Raport di Polres Sukabumi Kota: 23 Bintara Polri dan 1 ASN Naik Pangkat
Pada Hari Bhayangkara 1 Juli, Pelaku Jambret HP di CFD Jakarta Ditangkap di Jampang Kulon Sukabumi
Upacara Megah di Polres Sukabumi, Sejumlah Anggota Naik Pangkat dan Pensiun
Diduga Depresi Akibat Sakit dan Cerai dengan Istri, Lelaki 49 Tahun di Sukabumi Gantung Diri
Mutasi Pejabat Jelang Pilkada, Plt. Bupati Mimika Terancam Sanksi Pidana?
Syukuran Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Kota Berikan Puluhan Piagam Penghargaan
Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Kapolres Sukabumi: “Polri Harus Dicintai dan Dibanggakan Masyarakat”
Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Puluhan Pocil Tampilkan Atraksi di Lapang Merdeka Sukabumi
Asjap Kian Mantap, Partai Golkar Siapkan Kemenangan di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Gelar Doa Lintas Agama Secara Virtual
Jumat Berkah Jelang Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Gelar Jalan Santai dan Senam Bersama
Jelang Hari Bhayangkara ke-78, Kapolres Sukabumi Kunjungi 3 Anggota yang Sedang Sakit
Kasus Teguk Minuman Beralkohol Kadar 70 Persen di Cisaat Sukabumi: Tiga Pemuda Meninggal Dunia
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Sukabumi Kota Tanam Serentak 1.100 Bibit Pohon
Cegah Stunting, Polres Sukabumi Bersama IDI dan Dinkes Berikan Makanan Bagi 400 Anak