Ditinggal Tarawih, Rumah Muhidin di Tasikmalaya Kebakaran, Uang Tabungan Ikut Ludes

Sabtu, 23 Mar 2024 09:00
Kebakaran menghanguskan sebuah rumah di Kampung Cikalapa, Desa Condong, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Kamis, 21 Maret 2024 malam. Istimewa

INDONESIATREN.COM - Kebakaran menghanguskan sebuah rumah di Kampung Cikalapa, Desa Condong, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Kamis, 21 Maret 2024 malam.

Saat kejadian, penghuni rumah tengah melaksanakan salat tarawih dan lupa mematikan tungku kayu bakar. Akibatnya, seluruh isi bangunan hangus terbakar termasuk uang tabungan senilai jutaan rupiah.

Kerabat korban, Tatang mengatakan, api bermula terlihat dari bangunan dapur yang terbuat dari kayu. Kemudian, api dengan cepat membesar diduga akibat percikan dari kayu bakar dari tungku.

Baca juga: Panel Listrik Meledak Jadi Penyebab Kebakaran Basemen Pasar Baru Bandung

"Tadi kejadiannya sekitar jam 19.15 WIB. Pemilik rumah saat itu berangkat ke masjid mau sembahyang tarawih. Awalnya saya melihat ada api dari bagian dapurnya yang terbuat dari kayu. Itu kejadian awalnya," kata Tatang, Jumat, 22 Maret 2024.

Menurut Tatang, dalam peristiwa ini, pemilik rumah yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) atas nama Muhidin dan Jaenab, mengalami kerugian sekira Rp300 juta. Lantaran, seluruh isi rumah termasuk barang elektronik dan uang tabungan ludes dilalap api.

"Kerugian sekitar 300 juta. Karena semua barang berharganya habis terbakar. Sama sekali tak ada yang bisa terselamatkan barang-barangnya. Termasuk ada uang tabungan yang terbakar," ujarnya.

Baca juga: Sempat Berkelit, Perempuan di Tasikmalaya Nekat Jual Miras di Bulan Ramadan

Tatang menambahkan, saat ini pemilik rumah terpaksa harus mengungsi ke kerabatnya karena rumah tak bisa dihuni kembali. Akibat kejadian ini juga, pemilik rumah masih syok sejak melihat bangunan rumahnya nyaris rata dengan tanah.

"Pemilik rumah sekarang sementara tinggal di rumah saya. Kebetulan pemilik rumah yang terbakar itu kakak saya," pungkas Tatang.

Api berhasil dijinakan dalam kurun waktu dua jam lebih pascakejadian, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diterjunkan ke lokasi.

Berita Terkini