Kena Sambaran Petir, Rumah Warga Nagrak Sukabumi Kebakaran

Jumat, 26 Apr 2024 01:14
Kebakaran menghanguskan satu rumah di Kampung Cireundeu Peuntas RT 03/06 Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis, 25 April 2024 malam sekitar pukul 21.00 WIB. Istimewa

INDONESIATREN.COM - Kebakaran menghanguskan satu rumah di Kampung Cireundeu Peuntas RT 03/06 Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis, 25 April 2024 malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Manajer Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, kebakaran dipicu sambaran petir ke instalasi listrik hingga menimbulkan percikan api.

"Api membesar hingga terjadi kebakaran. Akibatnya rumah Ibu Ii hangus terbakar. Peristiwa tersebut juga mengakibatkan belasan KWH listrik rumah warga mengalami pemadaman," kata Daeng.

Baca juga: Berteduh Saat Hujan Deras, Dua Orang Tewas Tersambar Petir di Cikembar Sukabumi

Lanjut Daeng, rumah tersebut dihuni oleh satu kepala keluarga dengan dua jiwa. Saat kejadian, pemilik rumah sedang tidak berada di rumah. Tak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kondisi api sudah padam. Kebutuhan berupa material bangunan dan perbaikan jaringan listrik. P2BK Nagrak berkoordinasi bersama pemdes Girijaya, PLN, Damkar, dan URC PB Desa Girijaya guna assessment ke lokasi kejadian," ujar Daeng.

Sementara itu, Kepala Desa Girijaya, Ujang Sihab menyebut rumah dihuni oleh pasangan lansia. Ujang membenarkan kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dari sambaran petir. Warga terdampak mengungsi ke rumah anaknya.

"Bersamaan dengan musibah ini, puluhan rumah ikut terdampak, mengalami pemadaman listrik. Sekarang kami melakukan antisipasi sambil memberikan imbauan kepada warga yang lain, khawatir ada percikan api yang tidak terdeteksi," pungkas Ujang Sihab.

Berita Terkini