Pada Hari Bhayangkara 1 Juli, Pelaku Jambret HP di CFD Jakarta Ditangkap di Jampang Kulon Sukabumi

Selasa, 2 Jul 2024 16:08
Dua pelaku jambret di CFD Jakarta akhirnya berhasil ditangkap polisi pada Hari Bhayangkara, 1 Juli 2024 Instagram @asnanfoto

INDONESIATREN.COM - Hadiah bagi masyarakat pendamba rasa aman diberikan petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya pada Hari Bhayangkara ke-78, Senin, 1 Juli 2024. Pada hari itu, sebagaimana diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Ade Ary Syam Indradi, Selasa, 2 Juli 2024, petugas berhasil menangkap MR, terduga pelaku jambret yang beraksi di kawasan car free day (CFD), Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu, 16 Juni 2024.

MR ditangkap di daerah Jampang Kulon, Sukabumi, ketika tengah menyamar sebagai tukang topeng monyet. “(Ini) Tersangka kedua, yang (duduk) di belakang, yang dibonceng. Itu tertangkap kemarin (Senin), 1 Juli dini hari, di Jampang Kulon, Sukabumi, karena dia ini pindah-pindah terus,” ujar Ade.

“MR ini profesi terakhir atau dia menyamar sebagai tukang topeng monyet, tertangkap dini hari,” ungkap Ade pula.

Baca juga: Jasa Besar Fotografer Roni Asnan: Potret Aksi Terduga Pelaku Jambret di CFD Jakarta



Sebelum MR tertangkap, partner in crime-nya yang berinisial U sudah lebih dulu ditangkap polisi. U ditangkap kurang dari 24 jam setelah kasus penjambretan itu viral di media sosial.

Kedua terduga pelaku itu terekam kamera fotografer Roni Asnan, saat menjambret telepon genggam milik seorang remaja 14 tahun, yang tengah berolahraga  bersama orangtuanya di kawasan CFD, Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu, 16 Juni 2024, sekitar pukul 08:00 WIB.

Sesuai pengakuan korban kepada polisi, sebelum telepon genggamnya dijambret kedua terduga pelaku yang mengendarai sepeda motor itu, dirinya dan orangtuanya tengah berolahraga dari Pintu 7 Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Sesampai di lokasi, korban melihat pesan masuk yang ada di telepon genggamnya. Saat itulah, dua terduga pelaku menjambret telepon genggam milik korban.

Baca juga: Potret Terduga Pelaku Jambret di CFD Jakarta, Fotografer Roni Asnan: “Mereka Ngeledek”

Selanjutnya, kedua terduga langsung tancap gas meninggalkan lokasi kejadian. Warga sempatmengejar kedua terduga pelaku, tapi keduanya memacu sepeda motornya dengan kecepatan tinggi. Bersama orangtuanya, korban kemudian melaporkan melaporkan peristiwa itu ke Polsek Metro Tanah Abang.

Ketika terjadi aksi penjambretan itu, wajah dua terduga pelaku sempat terekam mata kamera fotografer yang sedang memotret warga yang sedang berolahraga. Fotografer itu adalah Roni Asnan, yang memiliki akun Instagram @asnanfoto.

Di foto hasil jepretan Roni Asnan itu, terlihat dua terduga pelaku penjambretan mengendarai sepeda motor matik berkelir hitam, dengan nomor polisi B-3983-PFB. Kedua terduga pelaku adalah laki-laki, serta mengenakan jaket warna hijau dan merah.

Di sejumlah foto yang beredar di media sosial itu, terlihat pula kedua terduga pelaku cengegesan, sambil mengangkat tangannya, meledek orang-orang yang berteriak dan tak bisa menghadang aksinya tersebut.

Kini, kedua pelaku itu jelas tak bisa cengengesan lagi. (*)

Berita Terkini