Mengintip Kehebatan POCO F6, yang Usung Chipset Snapdragon 8s Gen 3 dengan RAM 12 GB

Rabu, 3 Apr 2024 11:07
    Bagikan  
Mengintip Kehebatan POCO F6, yang Usung Chipset Snapdragon 8s Gen 3 dengan RAM 12 GB
gsmarena.com

Simak spesifikasi smartphone POCO F6, hp kelas flagship yang usung Chipset Snapdragon 8s Gen 3

INDONESIATREN.COM - POCO tengah mempersiapkan generasi terbaru dari lini smartphone flagship mereka yang kemungkinan besar akan diberi nama POCO F6.

Nama POCO sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna ponsel di Indonesia. Ya, betul sekali, POCO F6 akan menjadi penerus dari POCO F5 yang telah lebih dulu diperkenalkan di tanah air.

Seri POCO F selalu menjadi incaran para penggemar handphone POCO. Pasalnya, setiap seri terbarunya selalu menawarkan spesifikasi yang sangat tinggi dan harganya pun kompetitif, menjadikannya pilihan utama bagi para penggemar gadget.

Menurut rumor yang beredar, ponsel tersebut diperkirakan akan menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 dan diduga merupakan versi rebranded dari Redmi Note 13 Turbo.

Snapdragon 8s Gen 3 merupakan SoC baru yang diperkenalkan oleh Qualcomm sebagai alternatif ekonomis bagi produsen ponsel dengan kinerja yang mendekati Snapdragon 8 Gen 3 standar. Xiaomi Civi 4 Pro menjadi ponsel pertama yang menggunakan chipset tersebut.

Baru-baru ini, Redmi, sub-brand dari Xiaomi, secara resmi mengonfirmasi kehadiran Redmi 13 Turbo. Meskipun tanggal rilisnya belum diumumkan, smartphone ini dipastikan akan menggunakan Snapdragon 8s Gen 3 dan diyakini POCO akan membawanya ke pasar global dengan nama POCO F6.

Sebuah perangkat dari POCO dengan nomor model 2311DRK48G terpantau masuk dalam database P3DN Kemenperin RI. Nomor model tersebut diketahui adalah milik POCO F6.

Meskipun smartphone ini masih belum resmi dirilis, namun bocoran mengenai spesifikasi POCO F6 sudah banyak beredar di dunia maya.

POCO F6 diprediksi akan memiliki layar berjenis flow AMOLED berukuran 6.67 inci, resolusi 2712 x 1220 piksel FHD+, refresh rate 144Hz, touch sampling rate 480Hz, dukungan DCI-P3 wide color gamut, Dolby Vision, hingga dilapisi Gorilla Glass 5.

Smartphone ini diperkirakan akan memiliki desain dengan empat kamera belakang yang terletak dalam modul kotak.

Bocoran menyebutkan POCO F6 akan memiliki kamera utama 64 MP dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization). Lalu ada kamera ultrawide 8MP dan makro 2MP. Sedangkan kamera selfie Poco F6 beresolusi 16MP yang berdesain punch hole alias tompel.

POCO F6 disebut-sebut akan menggunakan SoC yang disebut SM8635 atau Snapdragon 8s Gen 3 yang dibuat dengan proses 4nm dari TSMC. Ini memperkuat rumor sebelumnya bahwa Qualcomm akan merilis SoC baru. Chip ini memiliki inti utama Cortex-X4 dengan kecepatan 2,9 GHz, GPU Adreno 735 dengan kecepatan sekitar 900 MHz, dan skor AnTuTu lebih dari 1,7 juta.

Dalam hal memori dan penyimpanan, Poco F6 akan tersedia dalam dua varian, yakni dengan 8 GB RAM dan 256 GB penyimpanan internal serta varian yang lebih tinggi dengan 12 GB RAM dan 512 GB penyimpanan internal. Kedua varian menggunakan memori LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kecepatan dan efisiensi dalam pemrosesan dan transfer data.

POCO F6 juga akan menjalankan sistem operasi Android 14 dengan antarmuka pengguna Hyper OS yang merupakan evolusi dari MIUI.

Xiaomi juga berjanji untuk menyediakan dukungan update OS Android sebanyak tiga kali serta empat tahun pembaruan keamanan. Kemungkinan hanya POCO F6 yang akan dibawa secara resmi ke Indonesia, mengingat hanya varian standar dari generasi sebelumnya, yaitu POCO F5, yang masuk ke pasar Tanah Air.

Jadwal rilis untuk POCO F6 diprediksi akan berlangsung di India pada bulan Juli 2024, menambah antusiasme para penggemar terhadap seri terbaru dari POCO.(*)

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terbaru

Jajan Makanan Ringan di Warung Dekat Sekolah, 15 Murid SD di Sukabumi Keracunan
Minta Dibelikan Sepeda Motor Tidak Dipenuhi, Anak Bunuh Ibu Kandung di Sukabumi
Resahkan Masyarakat, 30 Preman dan Juru Parkir Liar di Sukabumi Diamankan Polisi
Bongkar Peredaran Narkoba, Polisi Ciduk 3 Pengedar Sabu di Sukabumi
Diduga Digigit Ular Welang Saat Tidur Malam, Bocah Perempuan 3 Tahun di Sukabumi Meninggal
Curi Sepeda Motor 6 Oktober 2023, 2 Terduga Pelaku Akhirnya Ditangkap Polres Sukabumi Kota
Buruh Tolak Pencabutan Status UHC Non Cut Off oleh BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi
Pakai Knalpot Modifikasi, 17 Sepeda Motor di Sukabumi Diamankan Polisi
Pungli di Tempat Wisata Sukabumi Saat Libur Akhir Pekan, 1 Warga Ditangkap Tim Saber Pungli
Bus Rombongan SMK Asal Depok Kecelakaan di Subang, 1 Guru, 9 Siswa, dan 1 Warga Lokal Tewas
Ngasih 2 Ribu Tidak Bikin Miskin, tapi Bikin Tukang Parkir Berpenghasilan Lebihi UMP, ini Hitungannya!
Kabar duka: Penyanyi Dangdut Senior Jhonny Iskandar Meninggal Dunia
Rotasi Jabatan di Polres Sukabumi Kota, Kasat Intel dan Kasat Narkoba Diganti
Sejumlah Jabatan Penting di Polres Sukabumi Kota Dirombak
Diduga Korsleting, Mobil Angkutan Umum Terbakar di Kawasan Parungkuda, Sukabumi
Tukang Parkir Kini Dinista, tapi KH Zainuddin MZ Justru Bilang: Orang Paling Tenang Hidupnya itu...
Aktor Senior Spesialis Pemeran “Orang Batak” Dorman Borisman Meninggal Dunia
Keroyok Penjaga dan Rusak Warung Jamu, 2 Pemuda Mabuk di Sukabumi Ditangkap Polisi
Dibuat Konten di Medsos, Duel Antar Pelajar SMP di Sukabumi Tewaskan 1 Pelajar Berusia 13 Tahun
Mulai Rugi 2020, Sepatu Legendaris BATA Kini Tinggal Cerita