Diserbu Kawanan Monyet Liar Ekor Panjang, Warga Sebuah Kampung di Sukabumi Resah

Senin, 20 May 2024 13:18
Sekawanan monyet liar ekor panjang yang menimbulkan keresahan di kalangan warga. Istimewa

INDONESIATREN.COM - Sekawanan monyet liar ekor panjang pada hari Minggu, 19 Mei 2024, menyerbu pemukiman warga Kampung Kubang, RT 03/RW 05, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Monyet-monyet ekor panjang itu bahkan sempat mengejar anak kecil yang sedang bermain dan masuk ke dalam warung, sehingga menimbulkan keresahan di kalangan warga.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miky, membenarkan adanya laporan dari kepala dusun mengenai munculnya monyet liar yang memasuki rumah-rumah warga.

“Ada sekitar empat ekor monyet berkeliaran di pemukiman. Salah satunya masuk ke warung milik warga bernama Irman Suhardiman, dan merusak beberapa barang jualan di warung tersebut,” ujar Miky.

Ditambahkan Miky, salah satu monyet juga sempat masuk ke beberapa rumah warga, dan mengejar anak kecil yang sedang bermain. “Masuk ke rumah Ibu Cicoh, Bapak Minta, Bapak Jaya, dan Bapak Baban,” jelas Miky.

Saat melakukan asesment di lokasi bersama URC PB Desa Cisarua dan Komunitas Jaga Satwa, Miky menyatakan, bahwa kawanan monyet tersebut bersembunyi di kebun yang lebat dengan pepohonan di dekat pemukiman warga.

“Kami mengimbau warga untuk selalu berhati-hati, dan berupaya untuk tidak melakukan kontak langsung dengan satwa tersebut,” kata Miky, yang mengaku telah melaporkan kejadian itu ke Damkar Rescue, Komunitas Jaga Satwa, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, BKSDA Sukabumi, dan Layanan KEHATI.

“Kami masih menunggu respon dari dinas terkait untuk upaya lanjutan,” ucap Miky. (*)

Berita Terkini