Penyuka “Pingpong” Wajib Tahu: 23 April adalah Hari Tenis Meja Sedunia, Begini Sejarahnya

Selasa, 23 Apr 2024 09:11
Foto: Istimewa Pinterest

INDONESIATREN.COM - Di Indonesia, olahraga ini lebih dikenal dengan sebutan “pingpong”. Kerap dimainkan sebagai pengisi waktu senggang, bisa jadi tak banyak yang tahu, bahwa pingpong atau tenis meja itu mempunyai hari bersejarah, yang telah rutin diperingati setiap tanggal 23 April sejak tahun 2015.

Jadi, Selasa ini, tanggal 23 April, adalah Hari Tenis Meja Sedunia, atau World Table Tennis Day (WTTD). Dikutip dari Detik Health, Selasa, 23 April 2024, peringatan WTTD ini sekaligus untuk mengenang tokoh bernama Ivor Montagu, yang menggelar Kejuaraan Tenis Meja Dunia pertama pada 1926. Ivor pula yang mendirikan International Table Tennis Federation (ITTF), dan menjadi presidennya yang pertama.

Bahwa WTTD akhirnya rutin diperingati sejak sembilan tahun lalu, tiada lain karena peringatan itu punya tujuan mulia. Yakni, memperkuat keyakinan, bahwa setiap individu berhak bermain tenis meja. Olahraga ini dinilai layak menjadi lambang persatuan, kesetaraan, dan saling menghormati antar warga dunia.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 1 Gerakan Olahraga yang Efektif Hilangkan Perut Buncit Kata dr Saddam Ismail

Khusus pada 2024 ini, WTTD mengusung tema “Keberagaman dan Inklusi”. Tema ini semata didasarkan atas eksistensi tenis meja yang telah tumbuh dan berkembang menjadi olahraga pemersatu. Individu dari berbagai latar belakang, budaya, dan tingkat kemampuan, dapat bersatu untuk menunjukkan minat mereka terhadap tenis meja.

Saat ini, tenis meja tidak lagi hanya populer sebagai jenis olahraga yang menyenangkan, namun juga dinilai memberikan banyak manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh dan pikiran. Manfaat lain dari tenis meja adalah meningkatkan koordinasi tangan, mata, dan merangsang kewaspadaan mental, konsentrasi, serta strategi taktis.

Baca juga: Petani di Warungkiara Sukabumi Manfaatkan Lahan Terlantar jadi Kebun Pisang Cavendish

Tenis meja juga dinilai bisa mempertajam kesiapan mental, meningkatkan refleks otot tubuh, meningkatkan kekuatan sendi tangan dan kaki, membakar kalori tubuh, meningkatkan keterampilan motorik dan kesadaran kognitif, meningkatkan keseimbangan tubuh, serta merangsang ketajaman masing-masing bagian otak.

Jadi, tak ada salahnya rajin bermain tenis meja sekarang... 


 

Berita Terkini