5 Parpol Deklarasikan Koalisi di Pilkada Sukabumi, Siapa Calonnya?

Sabtu, 4 May 2024 17:35
    Bagikan  
5 Parpol Deklarasikan Koalisi di Pilkada Sukabumi, Siapa Calonnya?
Indonesiatren.com/H Heryadie

Lima parpol, yakni PKB, PKS, Partai Demokrat, PAN, dan PDIP berkomitmen menjalin kerja sama untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. Komitmen koalisi tersebut diwujudkan dalam deklarasi dan penandatanganan naskah kerja sama partai politi

INDONESIATREN.COM - Lima partai politik (parpol) berkomitmen menjalin kerja sama untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. Lima partai politik tersebut antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Komitmen koalisi tersebut diwujudkan dalam deklarasi dan penandatanganan naskah kerja sama partai politik pada Sabtu, 4 Mei 2024. Ada enam butir kesepakatan dan kerja sama partai politik yang dibacakan oleh masing-masing pimpinan partai. Diketahui, PKB merupakan inisiator dalam pendeklarasian koalisi tersebut.

Informasi yang dihimpun, dari hasil Pemilu Legislatif 2024, jika lima parpol ini tetap berkoalisi hingga mendaftar kandidat usungannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, total ada 28 kursi yang diperoleh. Rinciannya, PKB dan PKS 7 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PAN 3 kursi, dan PDIP 6 kursi. Cukup untuk mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi di Pilkda 2024.

Baca juga: Pilkada Kabupaten Sukabumi: Pencalonan Deden Deni Wahyudi Dinilai Tidak Beretika dan Langgar Moralitas

Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Hasim Adnan menjelaskan, proses komunikasi antara masing-masing parpol tersebut sudah dilakukan sejak lama. Menurut Hasim, kelima parpol ini memutuskan untuk menjalin kerja sama, berangkat dari pemahaman dan keprihatinan yang sama melihat kondisi Kabupaten Sukabumi.

“Kalau ditanya seberapa optimistis, tentu kami sangat optimistis. Namun tentu politik itu sangat dinamis. Memang tidak ada jaminan bahwa koalisi ini akan bertahan, tapi ini adalah satu bentuk ikhtiar. Jangan mengharapkan koalisi ini pecah, pada akhirnya nanti kita lihat saja setelah secara resmi mendaftar ke KPU,” ujar Hasim.

Namun, dalam deklarasi tersebut belum diputuskan siapa figur pasangan calon yang akan diusung. Baik Hasim Adnan maupun pimpinan parpol koalisi lainnya juga masih membuka peluang kepada figur siapapun yang akan diusung. Bahkan, apabila ada parpol lain yang ingin ikut bergabung juga masih dipersilakan. Terlebih, kelima parpol tersebut sebelumnya sudah melakukan penjaringan bakal calon masing-masing. Ada beberapa nama yang sama dan beririsan.

“Masing-masing juga menyetorkan nama kandidat potensialnya masing-masing. Tentu ada kualifikasi-kualifikasi tertentu kepada bakal calon yang akan diusung. Kemudian, harus dilakukan survei oleh lembaga yang kredibel dan objektif. Nanti akan ada tim khusus yang mengatur mekanismenya, siapa yang berada di urutan teratas. Paling lambat akhir Juli sudah diputuskan siapa nama cabup-cawabup yang akan kita usung,” ungkap Hasim.

Baca juga: Semakin Serius Maju di Pilkada Sukabumi, Habib Mulki Daftar ke PAN

Masih kata Hasim, berdasarkan hasil survei sementara, belum ada satu pun kandidat yang dominan atau yang tingkat elektabilitasnya di atas 15 persen. Hasim mengaku akan tetap mengacu pada metodologi ilmiah melalui lembaga survei yang kredibel dan objektif dalam memutuskan siapa kandidat yang akan diusung oleh koalisi tersebut. Hasim mengaku tak ingin terburu-buru memutuskan tanpa proses dan mekanisme yang jelas.

“Nama-nama yang berpotensi nantinya tidak lagi disetorkan kepada partai, tapi kepada tim khusus yang sudah dibentuk oleh parpol koalisi. Jadi mekanismenya jelas. Kita lihat perkembangan dua bulan ke depan apakah muncul nama. Nanti itu akan kita uji kapasitas dan resources-nya. Sehingga ketika nanti muncul nama itu, adalah figur yang sudah teruji secara objektif. Termasuk saya sendiri, tidak akan memaksakan diri, tapi memantaskan diri,” papar Hasim.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi, Iman Adinugraha menyebut bahwa tahapan Pilkada masih memiliki waktu yang cukup panjang, sehingga kelima parpol ini bisa terlebih dulu berdiskusi untuk mendalami siapa figur yang dinilai cocok. Apalagi, kata Iman, Kabupaten Sukabumi memilihi wilayah yang sangat luas. Butuh figur pemimpin yang betul-betul memahami wilayah dan punya visi yang jelas dalam membangun Kabupaten Sukabumi.

“Kami tidak memikirkan kepentingan partai masing-masing. Yang paling penting sekarang bagaimana lima partai ini tetap utuh sampai pendaftaran ke KPU. Kenapa partai dulu, karena kami ingin menyamakan dulu visi dan misinya. Calon yang mendaftar sudah banyak dan ada yang saling beririsan. Parameternya sudah jelas. Kami akan memaksimalkan ikhtiar sampai kelima parpol ini mendaftar ke KPU,” ungkap Iman.

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terbaru

Gunakan Knalpot Brong, 19 Sepeda Motor di Sukabumi Diamankan Polisi
Suami Meninggal, Begini Penampakan Rumah Tidak Layak Huni yang Ditempati Istri dan 2 Anaknya di Sukabumi
Tokoh Pers Prof. Salim Said Meninggal Dunia
Suami Tewas Kecelakaan, Istri dan 2 Anak Kini Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni di Sukabumi
Bangunan Ponpes Yaspida Sukabumi Tertimbun Longsor, Satpam Ponpes yang Sedang Tidur Tewas
Koalisi Rakyat Harapan Baru Sukabumi Deklarasi Dukung H. Iyos Somantri sebagai Cabub Sukabumi
Hujan Deras, Ular Sanca Batik Keluar dari Dalam Gorong-Gorong Jalan Surkencana, Cibadak, Sukabumi
Kasus Anak Bunuh Ibu di Sukabumi, Pelaku Sempat Minta ke Tetangga: “A, Tolong Bunuh Saya”
Jumat Berkah: Meneladani Hikmah dari Pemuda Asal Sukabumi, Muhammad Cecep Abdullah
Kasus Ibu Dibunuh Anak Kandung di Sukabumi: Polisi Amankan Garpu Tanah Bernoda Darah
Paska Di-Cor Warga, Kepala UPTD PU Kabupaten Sukabumi: Jalan Caringin-Cidahu Diperbaiki Tahun ini Juga
 Khusus Datang dari Bandung, SEI Rita Kirachi Meriahkan Salsation Tema Koboi di Simi Fit Studio Sukabumi
 Hasil Autopsi Ibu Dibunuh Anak Kandung di Sukabumi, Dokter Forensik : Banyak Luka Tusukan
Bunuh Ibu Kandung Karena Tidak Dibelikan Sepeda Motor, Ini Umur dan Identitas Pelaku Asal Sukabumi
Jajan Makanan Ringan di Warung Dekat Sekolah, 15 Murid SD di Sukabumi Keracunan
Minta Dibelikan Sepeda Motor Tidak Dipenuhi, Anak Bunuh Ibu Kandung di Sukabumi
Resahkan Masyarakat, 30 Preman dan Juru Parkir Liar di Sukabumi Diamankan Polisi
Bongkar Peredaran Narkoba, Polisi Ciduk 3 Pengedar Sabu di Sukabumi
Diduga Digigit Ular Welang Saat Tidur Malam, Bocah Perempuan 3 Tahun di Sukabumi Meninggal
Curi Sepeda Motor 6 Oktober 2023, 2 Terduga Pelaku Akhirnya Ditangkap Polres Sukabumi Kota