Kabar Duka: Rabu Dini Hari, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 09:12
Foto: Istimewa Pinterest

INDONESIATREN.COM - Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, meninggal dunia pada Rabu dini hari, 24 April 2024, pukul 01:00 WIB, dalam usia 96 tahun. Jenazah saat ini disemayamkan di rumah duka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dan akan dimakamkan di Tapos, Bogor, siang nanti.

Kabar wafatnya Mooryati disampaikan oleh Corporate PR & Promotion Manager Mustika Ratu, Mega Angkasa. “Telah meninggal dunia dalam kedamaian Ibu DR Hj, BRA Mooryati Soedibyo pada hari Rabu jam 1.00 WIB dini hari tanggal 24 April 2024 pada usia 96 tahun,” tulis Mega.

Baca juga: Indonesia Duduki Peringkat Pertama Negara yang Warganya Paling Malas Jalan Kaki di Dunia, Percaya?

“Apabila almarhumah mempunyai kesalahan dan kekhilafan, baik tutur kata, perilaku semasa hidupnya, mohon dimaafkan dan semoga khusnul khotimah. Amin,” tulis Mega pula.

Mooryati adalah cucu Raja Kasunanan Surakarta, Paku Buwono X. Lahir di Surakarta, 5 Januari 1928, putri pasangan K.R.M.T.A Poernomo Hadiningrat dan G.R.A Kussalbiyah ini, sejak kecil telah terbiasa merias wajahnya sendiri dan putri-putri keraton lainnya.

Baca juga: Bayi Meninggal Saat Dilahirkan, Orangtua Laporkan RSUD Palabuhanratu ke Polres Sukabumi

Kemampuan itu kemudian mengantarkannya untuk terjun ke industri kosmetik Tanah Air. Pada 1975, Mooryati tercatat mendirikan Mustika Ratu, yang saat ini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pemegang merk produk kosmetik terbesar di Indonesia.

Semasa hidupnya, Mooryati juga dikenal sebagai penggagas kontes kecantikan Puteri Indonesia. Ia juga sempat menjadi Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2004-2009, serta masuk di urutan 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007, versi Majalah Globe Asia.

Penghargaan lain yang pernah diterimanya adalah di Festival Film Bandung, sebagai Penulis Skenario Terpuji Film Indonesia, serta dari MURI sebagai Peraih Gelar Doktor Tertua di Indonesia. Dikutip dari Wikipedia, gelar lengkap Mooryati semasa hidupnya adalah Dr. Hj. B.R.A Mooryati Soedibyo, S.S, M.Hum. 


 

Berita Terkini