Hujan Deras pada Akhir Pekan, Akses Jalan dan Rumah Warga di Parakansalak Sukabumi Rusak Diterjang Longsor

Minggu, 26 May 2024 17:16
Kondisi salah satu rumah milik warga yang roboh akibat diterjang longsor. Istimewa

INDONESIATREN.COMHujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada sepanjang hari Jumat dan Sabtu, 24 dan 25 Mei 2024, telah mengakibatkan longsor yang merusak akses jalan dan rumah warga di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parakansalak, Jujun Junaeni, mengungkapkan, salah satu rumah milik warga bernama Obat Sobarna, yang dihuni dua orang, bahkan roboh diterjang longsor. Rumah itu berada di Kampung Garduh, RT 05/RW 02, Desa Bojongasih, Kecamatan Parakansalak.

Baca juga: Bangunan Ponpes Yaspida Sukabumi Tertimbun Longsor, Satpam Ponpes yang Sedang Tidur Tewas

“Akibat hujan deras yang terus-menerus (turun), berakibat longsor (yang) menimpa dinding rumah hingga jebol, dengan panjang empat meter dan tinggi tiga meter. Adapun (bagian) rumah yang roboh itu (adalah) bagian dapur dan kamar mandi,” ujar Jujun.

Ditambahkan oleh Jujun, hujan deras juga telah mengakibatkan jalan desa di Kampung Tangkil, RT 05/RW 03, Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, longsor sepanjang 20 meter, lebar tiga meter, dan tinggi 15 meter.

Baca juga: Hujan Deras Picu Longsor di Nagrak Sukabumi, Dinding Rumah Warga Ambruk

Musibah serupa juga terjadi di Kampung Pasir, RT 01/RW 14, Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak. Jalan desa di kampung tersebut longsor sepanjang 2,5 meter dan tinggi lima meter.

Saat ini, menurut Jujun, P2BK telah berkoordinasi dengan Forkopimcam, Tagana, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, pemerintah desa, Satgas Linmas, dan KSB, guna membantu warga yang terdampak bencana tersebut.

“Kebutuhan mendesak (saat ini adalah) paket sembako, terpal, karung, kawat bronjong, kayu tiang, kayu kaso, tripleks, paku, semen, dan pasir,” tutur Jujun. (*)

Berita Terkini