Berkat Renovasi Rumah Reyot Milik Ato di Sukabumi, Banyak yang Penasaran: Siapa Haji Isep?

Selasa, 23 Apr 2024 11:24
    Bagikan  
Berkat Renovasi Rumah Reyot Milik Ato di Sukabumi, Banyak yang Penasaran: Siapa Haji Isep?
Dokumentasi Asli

Rumah Ato dirobohkan sebelum direnovasi kembali.

INDONESIATREN.COM - Haji Isep adalah sosok dermawan, yang membuat rumah reyot nyaris roboh milik Ato di Kampung Mekarjaya, RT 04/04, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini tengah direnovasi, agar benar-benar bisa kembali layak huni.

Sebelumnya, selama hampir 15 tahun, Ato menetap di rumah peninggalan ayahnya itu, bersama kedua anaknya, yakni S, perempuan berusia 12 tahun, dan A, lelaki berusia 10 tahun. Istri Ato tak lagi berdiam di rumah itu, karena sepulang bekerja dari Arab Saudi memilih pergi dengan lelaki lain pada 2016 silam.

Ketika ditemui Kamis, 18 April 2024, Ato yang saat ini berusia 51 tahun, mengaku selalu merasa resah. “Saya sebenarnya banyak keresahan. Satu, kalau di musim hujan itu, sudah tidak ada tempat untuk tidur. Susah-lah, sana sini udah bocor, gentingnya sudah rapuh,” kata Ato, kala itu.

Baca juga: Bayi Meninggal Saat Dilahirkan, Orangtua Laporkan RSUD Palabuhanratu ke Polres Sukabumi

“Aktivitas (juga) banyak nggak jalan, nggak bisa usaha, dikarenakan saya momong anak saya (yang) masih kecil. Kerja nggak bisa jauh. Paling ngebun dikit-dikit-lah, daripada stres memikirkan nasib seperti saya ini,” ujar Ato.

Di musim hujan seperti sekarang, Ato mengaku deritanya kian bertambah. Saat hujan, ia harus tidur berdempetan bersama kedua anaknya, karena atap rumah bocor. Manakala hujan turun disertai angin kencang, Ato pun kian was-was, takut rumahnya akan ambruk.


“Kan itu di samping sudah pada disangga pinggirnya oleh bambu. Terus mau tidur susah kalau hujan. Di sini bocor, di sana bocor. Saya tidur numpuk bertiga. Mau keluar juga susah. Takutnya kalau ada angin, (rumah) ambruk,” ungkap Ato, yang mengaku baru sekali mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) berupa beras dan uang.

"Saya baru tahun ini menerima beras, menerima uang. Baru satu kali, tapi alhamdulillah,” ucap Ato.

Ato pun berharap, Pemerintah Kabupaten Sukabumi bisa memberikan bantuan rumah layak huni bagi dirinya dan kedua anaknya. “Harapannya, rumah ini diperbaiki. Seperti (rumah) orang lain, maunya,” kata Ato.

Baca juga: 4 Hari Paska Diberitakan Indonesiatren.com, Rumah Nyaris Roboh Milik Ato Direnovasi Warga Sukabumi

Tak dinyana, harapan Ato itu akhirnya menjadi kenyataan. Adalah Haji Isep, warga Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, yang datang mengulurkan tangan untuk merenovasi rumah Ato itu. Dibantu relawan dan warga setempat, Haji Isep pun merobohkan rumah Ato, dan langsung membangunnya kembali, agar bisa selekasnya menjadi rumah layak huni.

“Saya merasa tergugah hati, karena ikut prihatin juga. Karena jujur, saya paling suka setiap minggu itu, satu minggu sekali, menyantuni anak yatim, para jompo, dan juga mungkin ada yang musibah atau apa pun yang sekiranya perlu bantuan, itu selalu saya bantu,” tutur Haji Isep, yang mengaku langsung datang ke rumah Ato, setelah membaca berita pada Jumat, 19 April 2024.

“Waktu itu kalau nggak salah hari Jumat, langsung saya datangi, dan langsung saya kirim bahan-bahan, untuk langsung membangun kembali rumahnya,” kata Haji Isep.

Demi membuat rumah Ato bisa benar-benar kembali layak huni, Haji Isep mengaku tak mau tanggung-tanggung dalam melakukan renovasi. Ia telah meminta seluruh pekerjanya, untuk tidak menghitung jumlah material dan biaya yang telah dikeluarkannya, semata karena ia juga tidak ingin dinilai “pamer” oleh orang lain.

Baca juga: Kebakaran Diduga Akibat Korsleting Listrik, Rumah di Gegerbitung Sukabumi Rata dengan Tanah

“Saya tidak mau mencatat habis berapa. Jadi, anggap saja tidak pernah memberi. Saya nggak mau habis sekian juta, sampai orang tahu. Saya tidak memikirkan itu,” tutur Haji Isep.

“Saya hanya minta doa, supaya saya lancar usahanya, biar sukses, supaya biar cepat menyelesaikan pembangunan tersebut, karena kasihan Pak Ato, supaya cepat meninggali rumah barunya,” ucap Haji Isep, yang seusai pembangunan rumah Ato nanti, juga akan membantu mencarikan pekerjaan bagi Ato, agar bisa menghidupi kedua anaknya, yang saat ini masih membutuhkan banyak biaya.

“Insya Allah, yang penting ada informasi, dan juga pas ada rizki. Saya juga sehat, ada waktu, saya siap (membantu). Dan juga bukan kepada Pak Ato saja. (Kepada) siapa pun, saya siap membantu,” terang Haji Isep.

“Tadi juga, saya ada ajakan dari Pak Camat Jampang Kulon, (untuk) bergerak mencari orang-orang yang membutuhkan. Jadi, jangan sampai ada anggapan, kenapa warga di Ciracap dibantu, tapi warga di kecamatan sendiri di Jampang Kulon dibiarkan,” ungkap Haji Isep.

Bagi warga Jampang Kulon, penyataan dari Haji Isep itu, tentu, patut disambut dengan penuh rasa syukur dan bahagia (*)

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terbaru

Mulai Rugi 2020, Sepatu Legendaris BATA Kini Tinggal Cerita
Buang Bayi Baru Dilahirkan, Mantan TKW Ilegal asal Sukabumi Diamankan Polisi
Duel Pelajar di Sukabumi, 1 Pelajar Berusia 13 Tahun Tewas
5 Parpol Deklarasikan Koalisi di Pilkada Sukabumi, Siapa Calonnya?
Pasutri di Kebonpedes Sukabumi Tewas Terserempet KA Siliwangi
Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Sopir: Tiba-tiba Ngabeledug!
Jangan Bangga, Indonesia Punya Pemain Judi Online Terbanyak di Dunia
Indonesia Kalah 1-2 dari Irak, Jokowi: Tetap Semangat Garuda Muda
KPU Kota Sukabumi Tetapkan 35 Anggota DPRD Terpilih
Kasus Kematian Bocah Lelaki 6 tahun di Kadudampit Sukabumi, ABH 14 Tahun Diamankan Polisi
Jelang Laga Lawan Irak, KBRI Qatar Imbau Suporter Indonesia Jangan Ganggu Rizky Ridho dkk
Indosat Ooredoo Hutchison Catat Pertumbuhan Cemerlang di Kuartal I 2024
38 Tahun Iyos Somantri Mengabdi di Sukabumi, Tim Relawan Beberkan Alasan Dukungan Penuh
Sambut Transformasi Indonesia Menjadi Bangsa Digital, Indosat Ooredoo Hutchison Gaet NVIDIA
Dokter Forensik Ungkap Sejumlah Kejanggalan pada Kematian Bocah 7 Tahun di Kadudampit Sukabumi
Menang Mahal tapi Kalah Ranking, Bagaimana Peluang Indonesia Taklukkan Irak di Perebutan Tempat Ketiga?
Presiden Jokowi Tetapkan Subsidi Pupuk 9,55 Juta Ton di 2024
Mau Hidup Aman dan Senantiasa Nyaman? Berikut 10 Tips Hidup yang Harus Dipahami
Mimpi ke Olimpiade Paris 2024 Belum Pupus, Ini 2 Laga yang Bisa Loloskan Timnas Indonesia
Nobar Indonesia vs Uzbekistan di Polres Sukabumi Kota, Ini Prediksi Kapolres